K3: KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

K3 mewakili perlindungan keselamatan dan kesehatan di tempat kerja. Untuk lebih memahami K3, kami akan membahas pentingnya, maksud dan tujuan K3 (dirangkum dari berbagai sumber).
Definisi K3
Pemahaman filosofis
K3 adalah pemikiran atau upaya untuk menjamin kelengkapan dan kesempurnaan baik secara fisik maupun spiritual, terutama pekerjaan dan masyarakat pada umumnya untuk pekerjaan dan budaya bagi masyarakat yang adil dan makmur.
Pemahaman ilmiah
Dalam sains dan aplikasinya, K3 adalah upaya untuk mencegah kemungkinan kecelakaan di tempat kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, ledakan dan polusi.


Sasaran K3
K3 bertujuan untuk menyediakan tempat kerja yang aman, sehat, dan ramah lingkungan dengan menjaga dan melindungi kesehatan, keselamatan, dan keamanan tenaga kerja untuk mencegah atau mengurangi insiden cedera dan penyakit terkait pekerjaan dan pada akhirnya untuk meningkatkan efisiensi kerja. dan sistem produktivitas.
Tujuan K3

Memastikan keselamatan pekerja dan orang lain
Pastikan keamanan peralatan yang digunakan
Memastikan proses produksi yang aman dan lancar
Standar K3
Memahami standar dalam K3:
1. Peraturan keselamatan dan kesehatan kerja
2. Diterapkan untuk melindungi pekerjaan
3. Risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja
Jenis bahaya di K3
Bahaya kimia
Cedera yang disebabkan oleh inhalasi atau kontak antara manusia dan bahan kimia berbahaya. Contoh jenis kimia: abu dari pembakaran bahan kimia pembakaran, uap kimia dan gas kimia.
Bahaya fisika
Bahaya suhu udara yang terlalu panas atau terlalu dingin dan kondisi udara yang tidak normal menyebabkan perubahan atau menyebabkan suhu tubuh tidak normal.
Bahaya kondisi yang sangat kuat yang menyebabkan kerusakan pendengaran.
Jenis Bahaya proyek / pekerjaan
Bahaya pencahayaan atau pencahayaan, yang menyebabkan kerusakan visual lebih sedikit.
Risiko transportasi barang dan penggunaan peralatan yang tidak lengkap dan aman, yang mengakibatkan cedera pada pekerja dan orang lain.
Istilah bahaya di tempat kerja
1. Bahaya adalah suatu kondisi yang dapat mempengaruhi / menyebabkan kecelakaan, penyakit, kerusakan atau kemampuan pekerja yang ada
2. Bahaya adalah tingkat bahaya dari suatu kondisi yang sudah mengindikasikan kemungkinan bahaya yang mengarah ke tindakan pencegahan.
3. Risiko adalah prediksi gravitasi ketika bahaya terjadi dalam siklus tertentu.
4. Kejadian tersebut adalah kejadian bahaya yang mungkin atau mungkin tidak berhubungan dengan sumber energi yang melebihi ambang normal.
5. Kecelakaan adalah peristiwa bahaya yang disertai oleh korban dan / atau kehilangan orang dan benda.
standar kesehatan dan keselamatan
Standar keselamatan dan kesehatan kerja adalah tindakan protektif sebagai tindakan keselamatan kerja, seperti:
1. Perlindungan tubuh yang meliputi seluruh tubuh
2. Perlindungan motor
3. Keamanan saat ini harus diperiksa secara teratur
4. inijasa.com , termasuk sistem alarm, pemadam api, penerangan yang memadai, ventilasi yang baik dan rute pelarian yang memadai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *